Kamis, 14 Januari 2010

Google Analytics

Bagi sebagian pemilik blog,pasti memiliki keinginan untuk mengetahui data-data dari para pengunjung blognya. Iya, kan?? Hal tersebut ditunjukkan dengan adanya bermacam-macam pernak-pernik yang ada di blognya, seperti misalnya "Hit Counter", "Site Track Meter", "Alat pendeteksi jumlah pengunjung",dll. Dan salah satunya adalah Google Analytics.


Google Analytics berbeda dengan Hit Counter. Hit Counter biasanya hanya menghitung jumlah pengunjung yang datang untuk menjenguk, yang hanya sekedar liat-liat doang. Sedangkan Google Analytics, dia lebih lihay, dia tidak hanya menghitung jumlah para pengunjungnya saja tapi juga data-data yang lainnya, misalnya tentang:

* Berapa pengunjung yang datang tiap harinya

* Berapa lama mereka nognkrong di blog kamu

* Browser apa yang mereka gunakan

* Dengan cara apa mereka datang, maksudnya mereka make search engine apa sehingga bisa nyampe ke blog Anda.

* Dari negara mana mereka datang

* Dari kota mana

Nah, pengen gak tuh? kalo pengen segera daftar disini http://google.com/analytics
Tapi ada syaratnya, yaitu kamu harus punya akun di Google. Kalo udah daftar nanti kamu tinggal ngisi form yang disodorkan, diantaranya yaitu ngisi alamt webblog kamu, Trus setelah itu kamu nanti akan dikasih kode/script sama Oom Google.
Nha setelah itu kopi kode/script tersebut, trus login ke blogger Klik Template -->> Edit HTML. Paste kode/script yang udah dikopi kedalam tag HTML yaitu sebelum tag </body> jangan lupa disimpan.
Kemudian setelah itu, Kembali lagi ke google.com/analytics, kamu harus mengklik Check Status dulu Kalo udah berhasil maka akan ada tandanya, kalo belum ya harus dicoba lagi.
Datanya baru akan muncul satu hari kemudian, jadi ini bukan seperti hit conter yang datanya akan langsung berubah tiap detik tapi data-data google.com/analytics ini akan muncul tiap ganti hari. OK Selamt mencobaaaaa....^^

Tidak ada komentar:

Posting Komentar